Aktivis Celebes Law And Transparency (CLAT) Geruduk Kejati Sulsel, Ini Masalahnya...

Poto aksi unjuk rasa aktivis dari Celebes Law And Transparency (CLAT) menaiki mobil truk dan membakar ban bekas.
      
MAKASSAR, TUNTAS.ID - Sejumlah aktivis dari Celebes Law And Transparency (CLAT) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Kamis (13/10/2022).


Aksi kali ini, CLAT bertujuan untuk mengawal dan mempertanyakan dugaan penyimpangan penyaluran Dana Aspirasi P3A Anggota DPR RI, Sarce Bandaso dari Fraksi PDIP Dapil 3 Sulsel. 


Korlap aksi Nugie Anugrah dalam orasinya, mengaku kecewa dengan pihak Kejati Sulsel dalam hal ini Kasipenkum yang tidak ingin menemui massa aksi.


"Kami dari dari Celebes Law And Transparency dengan ini sangat kecewa terhadap sikap dan kinerja Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan," Ujar Nugie.


Oleh sebab itu, kata Nugie, dengan ini kami nyatakan sikap untuk memberikan rapor merah terhadap kinerja Kejati Sulsel yang kami duga melakukan pembiaran terhadap tindak pidana yang serius. 


"Kami meminta kepada Kajati untuk mencopot Kasi Penkum dari jabatannya karena telah melalaikan tugas dan tanggung jawabnya," Tegas Nugie Anugrah. 


Kata Nugie, sudah pekan kedua CLAT melakukan pengawalan terhadap dugaan penyimpangan penyaluran dana aspirasi yang diperuntukkan untuk program P3TGAI.


Kata dia, menurut CLAT terdapat dugaan kuat terjadinya pemotongan anggaran dari awalnya Rp. 195.000.000, tapi tidak sesuai dengan nominal yang diterima oleh kelompok tani yang ada di lapangan.


Sementara itu, Ray Gunawan selaku Ketua Umum CLAT menambahkan bahwa pihaknya merasa prihatin dengan adanya oknum yang tidak bertanggung jawab yang tega mengambil hak rakyat dan Kejati sebagai aparat penegak hukum seakan tidak serius menangani kasus tersebut.


Olehnya itu, pihak Kejati Sulsel dinilainya tidak responsif, sehingga perlu ada pembenahan pada tubuh Kejati Sulsel.


"Kami turut prihatin dengan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan mengambil hak-hak para petani," Ucap Ray.


Namun demikian, kami lebih kecewa karena hari ini kami dari Celebes Law And Transparency membawa surat aduan serta beberapa data-data pendukung namun tidak satupun dari pihak Kajati yang menemui massa aksi.


"Maka dari itu, Kajati sebagai Aparat Penegak Hukum perlu berbenah dan menindaki para anggotanya yang tidak responsif dalam menerima aspirasi dari masyarakat secara langsung," Harap Ray. 


Saat berorasi terlihat para aktivis dari Celebes Law And Transparency (CLAT) menaiki mobil truk dan membakar ban bekas. (**)

Komentar

Berita Terkini