Didampingi Sekda, Dandim Jeneponto Resmikan Kampung Pancasila


JENEPONTO, TUNTAS.ID - Dandim 1425/Jeneponto Letkol Inf. Agus Tanra didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Jeneponto Muh. Arifin Nur meresmikan Kampung Pancasila di Lingkungan Pokobulo, Desa Bangkalaloe, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Minggu, (04/09/2022).


Kegiatan tersebut di awali tradisi penyambutan, dengan Angaru dan tarian tradisional oleh pemuda-pemudi dan pengalungan sarung sutera oleh Kepala Desa Bangkalaloe.


Kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Dandim Jeneponto Letkol Inf. Agus Tanra dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Jeneponto Muh. Arifin Nur.


Di awal sambutannya, Letkol INf. Agus Tanra menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu perintah pimpinan.


"Dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, kepada seluruh jajaran kodim seluruh indonesia, untuk membentuk Kampung Pancasila dengan tujuan agar kita lebih mempunyai wawasan dan pengetahuan lebih mendalam tentang bagaimana penjabaran dari Pancasila itu sendiri, dan juga merupakan salah satu upaya untuk membentuk SDM yang lebih baik dan mempunyai toleransi dimana kita sebagai Bangsa Indonesia yang bermartabat dan berkarakter," ucapnya.


Di akhir sambutannya, Agus Tanra mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Jeneponto mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada pemerintah Kecamatan terutama ibu Kepala Desa Bangkalaloe, yang siap membantu dan memberikan tempat serta memfasilitasi kegiatan ini, sekaligus mencanangkan Kampung Pancasila.


Di tempat yang sama, Sekda Jeneponto Muh.Arifin Nur mengatakan kami harapkan kepada pemerintah Desa dengan terpilihnya desa Bangkalaloe sebagai Kampung Pancasila kita harus saling menghormati antara satu dengan yang lain, antar Agama dengan Agama lainnya, yang mudah menghormati yang tua, yang tua menghargai yang mudah.


"Meskipun berbagai macam suku, agama, budaya, dan adat istiadat yang berbeda-beda, namun tetap satu yaitu Bangsa Indonesia, sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya.


Di kesempatan ini, Kepala Desa menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Kabupaten Jeneponto Khususnya Kodim Jeneponto yang telah memilih Desa tersebut sebagai Kampung Pancasila.

Komentar

Berita Terkini