Kadis TPHP Sinjai Hadiri Panen Perdana Penangkaran Benih Program ‘SIMANIS’


SINJAI, TUNTAS.ID -
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin menghadiri acara panen perdana padi hasil penangkaran benih di lahan milik kelompok tani Mattumpu Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (18/8/2022).

Panen perdana dari hasil penangkaran ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan produksi padi.

Sebab melalui upaya itu, pemerintah melalui Dinas TPHP akan menjawab kebutuhan petani terkait benih.

Kepala Dinas TPHP Sinjai H. Kamaruddin mengatakan bahwa panen perdana ini bertujuan untuk memberikan jaminan kepada petani terhadap ketersediaan bibit padi yang berkualitas.

“Panen penangkaran benih padi ini merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam mewujudkan Sinjai Mandiri Benih Swadaya (SIMANIS),” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, program mandiri benih melalui SIMANIS yang digagas oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) pada tahun ini, luas lahan penangkaran benih padi sebesar 100 hektar yang tersebar di delapan kecamatan.

“Ini juga menjadi keinginan dari Bapak Bupati bagaimana agar petani kita bisa secara mandiri memenuhi kebutuhan benih, paling tidak bisa memenuhi kebutuhan benih padi untuk kelompok taninya sendiri dan Alhamdulillah hari ini sudah ada hasilnya dari panen perdana kelompok tani Mattumpu,” jelasya.

Dari panen perdana di luas lahan 5 hektar ini menghasilkan benih padi sekitar 5 ton per hektar melalui benih padi varietas ciliwung. “Benih ini dijadikan benih untuk pertanaman padi musim tanam selanjutnya,”ucapnya.

Dengan adanya penangkaran tersebut, sambung Kamaruddin, akan meningkatkan pendapatan petani serta memotivasi petani lain untuk menjadi penangkar benih. (**)
Komentar

Berita Terkini